Kunjungan kerja ke UPT LTSIT Unila

UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi Universitas Lampung menerima kunjungan kerja dari jajaran pimpinan Universitas Lampung di Gedung Lt. 1&2 UPT LTSIT Unila, Kamis (14/07). Rombongan yang dipimpin Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Dr. H. Bujang Rahman, M.Si. diterima langsung oleh Kepala UPT LTSIT Unila Dr. Ir. Paul Benyamin Tomotiwu, M.S..

Wakil Rektor Bidang Akademik didampingi 7 anggota lainnya yakni: Warsono, Ph.D. (Ketua LPPM Unila), Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si. (Ketua LPPPM Unila), Elida Purba,S.T., M.Sc., Ph.D. (Kepala Pusat Penjaminan Mutu Unila), Dr. Lindriana Sari, S.E., M.Si. (Wakil Ketua LPPPM Unila), M Komarudin, S.T., M.T. (Ketua UPT TIK Unila), Ir. Sutikno, M.Sc., Ph.D. (Tim Kerja Rektor), dan Prof. Warsito, Ph.D. (Dekan FMIPA Unila).

Rombongan tiba sekitar pukul 14.00 WIB dan langsung melakukan peninjauan di Lt.2 UPT LTSIT dimana sebagian besar alat atau instrumen pengujian berada. Di bagian Laboratorium Terpadu, beberapa alat yang menjadi pusat perhatian diantaranya yaitu GC-MS, ICP-OES, dan HPLC. Menurut Bujang alat-alat tersebut dipandang sebagai alat-alat yang harus diprioritaskan dan dimanfaatkan secara optimal. Lanjut ke bagian Laboratrorium Sentra Inovasi Teknologi, rombongan disuguhkan dengan alat-alat yang tidak kalah canggihnya seperti VCR (Alat untuk Identifikasi DNA), Kjeldahl (Alat untuk analisis kadar protein), spektrofotometer UV-Vis, dan lain-lain.

IMG_20160714_143155
IMG_20160714_145051-1
IMG_20160714_143801

Selain alat-alat di atas, rombongan juga meninjau beberapa alat yang berada di Lt.1 diantaranya yaitu SEM-EDX dan Mikroskop Konfokal. Bujang dan tim menuturkan bahwa UPT LTSIT layak menjadi Laboratorium Sentral di Universitas Lampung. Ia pun menambahkan bahwa nantinya alat-alat canggih yang ada di setiap Fakultas di unila seperti di Fak. Pertanian, Fak. Teknik, dan fak. Kedokteran akan berada di bawah tanggung jawab UPT LTSIT Unila.

Kepala UPT LTSIT menyambut baik dan memberikan apresiasi yang positif atas kunjungan kerja ini. Dalam kesempatan ini Ia memberikan gambaran tentang sarana dan potensi yang ada di UPT LTSIT Unila. Ia pun mengajak kepada seluruh instansi dan pimpinan untuk sama-sama mengoptimalkan sarana laboratorium yang ada saat ini sehingga dapat meningkatkan kualitas penelitian dosen maupun mahasiswa terutama di lingkungan Unila. “Kalau alat kita jalan semua, hasil analisisnya bagus, riset di Unila akan maju dan publikasi akan meningkat. Dengan begitu, otomatis peringkat dan akreditasi Unila pun akan naik” tambah Paul.