Pelatihan Profesional-Aplikasi PCR dan Real Time PCR

Kesederhanaan dan tingginya tingkat kesuksesan amplifikasi sekuen DNA yang diperoleh menyebabkan teknik PCR semakin luas penggunaannya di bidang bioteknologi. Sebagai contoh, di ranah biodiversitas, analisis filogenetik berbasis DNA (DNA barcoding) merupakan metode analisis yang paling terpercaya saat ini. Di ranah pangan dan kesehatan, adanya kontaminasi mikroba patogen bisa dideteksi secara cepat dan akurat menggunakan metode analisis berbasis DNA. Analisa berbasis DNA juga mampu menganalisis halal tidaknya suatu produk pangan.

Terkait dengan hal tersebut, Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi Universitas Lampung (LTSIT) menyelenggarakan “Pelatihan Aplikasi PCR dan Real Time PCR Di Bidang Taksonomi, Pangan, dan Kesehatan” yang meliputi:
1. Analisis filogenetik organisme,
2. Analisis patogen pada produk pangan, dan
3. Analisis halal – non halal produk pangan.
Dalam pelatihan ini, peserta akan dibekali dengan teori dan praktik pengoperasian mesin PCR dan qPCR.

Pelatihan ini akan diselenggarakan pada tanggal 08 dan 09 November 2016 di Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi Universitas Lampung, yang akan diisi oleh Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.Sc., dan Tim Trainer mesin PCR dan qPCR dari PT Genecraft Labs.