Inductively Coupled Plasma-Optical Emission Spectrometry (ICP-OES)

icp-oes-2

Instrumen ICP-OES Varian 715-ES

Inductively Coupled Plasma-Optical Emission Spectrometry (ICP-OES) adalah salah satu teknik analisis yang digunakan untuk penentuan kadar logam multi-unsur yang menggunakan sumber plasma untuk merangsang atom dalam sampel. Atom-atom  memancarkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu, dan intensitas cahaya yang dipancarkan diukur oleh detektor, yang mana berhubungan dengan konsentrasi. 60 unsur dapat dianalisis dalam sampel tunggal dalam waktu kurang dari satu menit secara bersamaan, atau dalam beberapa menit.

Keuntungan dari ICP-OES dengan kemampuan mengidentifikasi dan mengukur semua elemen yang diukur dengan bersamaan, ICP-OES cocok untuk mengukur semua konsentrasi elemen dari ultratrace sampai ke tingkat komponen utama, batas deteksi pada umumnya rendah untuk sebagian besar elemen khas dengan rentang dari 1 – 100 mg / L. ICP-OES  menyelesaikan pembacaan  berbagai elemen yang dianalisis dapat dilakukan dalam jangka waktu yang singkat yaitu 30 detik dan hanya menggunakan ±5 ml sampel.

Aplikasi ICP-OES 

ICP-OES dengan predikat waktu analisis yang singkat untuk berbagai elemen dalam waktu bersamaan dan batas deteksi yang rendah sangat diperlukan dalam bidang aplikasi, antara lain bidang mineralogi, pertanian, kehutanan, peternakan, kimia ekologi, lingkungan, industri makanan dan minuman, dan kesehatan.

Beberapa analisis yang dapat dilakukan di UPTLTSIT menggunakan ICP-OES Varian 715-ES antara lain,

  1. Penentuan kadar logam dalam air : Al, Ba, B, Zn, Cd, Cu, Mn, Na, K, Mg, Ca, Pb, Co, Ag, Fe, dan Cr.
  2. Penentuan Kadar logam dalam tanah : Al, Ba, B, Zn, Cd, Cu, Mn, Na, K, Mg, Ca, Pb, Co, Ag, Fe, dan Cr.
  3. Penentuan kadar logam dalam biomass : K, Na, Cu, Mn, B, Zn dan Fe.

Sebagai jaminan mutu hasil analisis maka UPTLTSIT Unila telah melakukan uji profesiensi untuk analisis logam dalam sampel air dan sampel tanah.  Uji profesiensi telah dilakukan menunjukan hasil yang sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan (fapas).