HPLC Shimadzu LC-20AD dengan detektor SPD-20A (Prominance UV-Vis Detector)

hplc-web-1

Instrumen HPLC Shimadzu LC-20AD dengan detektor SPD-20A (Prominance UV-Vis Detector)

HPLC (High Performance Liquid Chromatography) merupakan satu teknik kromatografi cair- cair yang dapat digunakan baik untuk keperluan pemisahan maupun analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif dengan teknik HPLC didasarkan kepada pengukuran luas atau area puncak analit dalam kromatogram, dibandingkan dengan luas atau area larutan standar. Dimana perbandingan luas area analit dibandingkan dengan luas area standar menggunakan teknik kurva kalibrasi.

HPLC merupakan teknik pemisahan yang diterima secara luas untuk analisis dan pemurnian senyawa tertentu dalam suatu sampel pada sejumlah bidang, antara lain : farmasi; lingkungan; bioteknologi; polimer; dan industri- industri makanan. Kegunaan umum HPLC adalah untuk: pemisahan sejumlah senyawa organik, anorganik, maupun senyawa biologis ; analisis ketidakmurnian (impurities); isolasi dan pemurnian senyawa; pemisahan senyawa-senyawa yang strukturnya hampir sama; pemisahan senyawa- senyawa trace elements, HPLC merupakan metode yang tidak destruktif dan dapat digunakan baik untuk analisis kualitatif maupun kuantitatif.

Saat ini UPTLTSIT menggunakan HPLC Shimadzu LC-20AD dengan detektor SPD-20A (Prominance UV-Vis Detector) telah melayani beberapa jenis analisis antara lain:

  1. Analisis golongan karbohidrat (Glukosa, fruktosa, maltosa, xyltol, dan lain-lain)
  2. Analisis vitamin seperti vitamin C (asam askorbat) dan lain-lain
  3. Analisis parameter organik (Benzen, toluen, xylen, metil paraben, dan lain sebagainya)
  4. Analisis senyawa obat/pharmaceutical compound seperti ketoprofen dan lain-lain
  5. Analisis senyawa dalam bidang pertanian/produk makanan seperti kafein dan asam klorogenat
  6. Analisis senyawa hormonal seperti IAA (Iodoacetic Acid)