Seminar dan Workshop Alat Analitik UPTLTSITS 2017

Peserta Seminar dan Workshop Analitik

Peserta Seminar dan Workshop Alat Analitik

UPTLTSIT Universitas Lampung menggelar kegiatan seminar dan workshop alat-alat analisis laboratorium tahun 2017.  Kegiatan ini digelar bekerjasama dengan PT. Unitama Analitika Perkasa yang merupakan perusahaan distritibutor beberapa alat analisis laboratorium. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Lampung.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Lampung menyebutkan bahwa saat ini Universitas Lampung sedang dalam masa menuju Research University, dimana untuk menuju hal tersebut dibutuhkan alat-alat laboratorium yang canggih dan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) yang terampil dalam membantu mengoperasikan alat-alat laboratorium tersebut.  Sejalan dengan sambutan yang diberikan oleh Rektor Universitas Lampung saat membuka acara ini, UPTLTSIT dengan menggandeng beberapa perusahaan besar dibidang alat-alat analisis seperti Agilent Technologies, Hitachi High-Tech, dan Li-Cor berupaya meningkatkan kemampuan para PLP tentang alat-alat analisis dengan mengadakan seminar dan workshop alat-alat analisis.

Seminar dan workshop alat-alat analisis laboratorium dilaksanakan pada tanggal 26-27 April 2017 dengan peserta seminar 30 orang dan workshop 44 orang.  Peserta terdiri dari PLP dan kepala Laboratorium dari PTN dan Intitusi pemerintah dari dalam dan luar Lampung.  Beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Institusi pemerintah tersebut antara lain Universitas Lambung  Mangkurat, Universitas Sriwijaya, Universitas Mulawarman, Universitas Tirtayasa, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Malang, Polinela Lampung, Universitas Lampung, BPPT Lampung, BPPT Bandung, BPOM Lampung dan Batan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi yaitu sesi seminar prinsip dan aplikasi alat-alat analisis dan sesi praktek pengoperasian dan maintenance alat.  Sesi seminar dilaksanakan diruang seminar gedung Rektorat Universitas Lampung dan sesi praktek dilaksanakan di laboratorium.  Adapun pembicara dalam sesi seminar antara lain,  Steven Pang dari Agilent ahli alat MPAES dan ICP-OES, Hirofumi Harita dari Hitachi ahli alat TGA/DSC, Dr. Aep Patah dari ITB ahli DTA/TGA, dan Dr. M. Sahlan dari Universitas Indonesia ahli FTIR. Sesi seminar dilanjutkan dengan sesi praktek yang dilakukan di tiga laboratorium yang berbeda.

Penjelasan Tentang Alat MPAES

Workshop Alat MPAES

Untuk menambah pengetahuan peserta seminar dan workshop mengenai pengoperasian dan perawatan alat, maka peserta seminar dan workshop juga melakukan praktek langsung di Laboratorium.  Setiap peserta mendapat kesempatan untuk belajar langsung dalam mengoperasikan dan melakukan perawatan beberapa alat analisis.  Beberapa alat tersebut antara lain FTIR Imaging di Laboratorium Organik Lantai 2, alat TGA/DSC di Laboratorium MIPA Terpadu lantai 3, MPAES/ICP dan Photosintesis Analyzer di Laboratorium Terpadu lantai 1 dan 2.  Sebagian besar dari alat-alat tersebut merupakan alat-alat unggulan dari UPTLTSIT yang sampai sekarang secara rutin digunakan untuk analisis sampel dari dalam dan luar Universitas Lampung.