Pelatihan Transisi ISO/IEC 17025 dan Penjaminan Mutu Hasil Uji Laboratorium

(UPT LTSIT): Telah dilaksanakan pelatihan dengan judul “Pemahaman Transisi ISO/IEC 17025 Untuk Persyaratan Laboratorium Pengujian” pada tangga 16 April 2018 di Ruang Sidang lantai 4 Rektorat Universitas Lampung (Unila) dan dilanjutkan dengan pelatihan dengan judul “Pengendalian Mutu dan Penjaminan Mutu Hasil Pengujian Laboratorium” selama dua hari yaitu tanggal 17-18 April 2018 di Ruang sidang Fakultas Pertanian Unila.

Foto Bersama Pemateri dan Peserta Pelatihan

Peserta dan Pemateri (Bpk Kurniawan Eka Saputra) berfoto bersama usai pelatihan Pemahaman Transisi ISO/IEC 17025

Suasana Pelatihan Penjaminan Mutu Hasil Pengujian Laboratorium

Pelatihan Pengendalian Mutu dan Penjaminan Mutu Hasil Pengujian Laboratorium oleh Bpk. Anwar Hadi

Pelatihan pertama membahas mengenai perubahan versi ISO/IEC 17025 yang dipaparkan oleh pemateri Bapak Kurniawan Eka Saputra dari Padma Global Konsultant. Dalam Pelatihan ini peserta dijelaskan mengenai pemahaman umum tentang ISO/IEC 17025 mulai dari sejarah hingga klausul-klausul yang ada pada versi terakhir. Peserta terdiri dari 20 orang yang berasal dari 7 instiitusi baik dari Lampung maupun luar Lampung, yaitu Unila sendiri, Universitas Tulang Bawang, Polikenik Negeri Lampung, Lab. Kesehatan Provinsi Lampung, Poltekkes Tanjung Karang, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung, dan Universitas Sumatra Utara.

Di hari selanjutnya, hampir semua peserta yang mengikuti pelatihan sebelumnya juga mengikuti pelatihan lanjutan tentang Penjaminan Mutu Hasil Uji Lab. Pelatihan ini lebih mengarah ke teknis di laboratorium yang diisi oleh pemateri Bapak Anwar Hadi. Dimulai dengan konsep dasar Pengendalian Mutu (Quality Control) dan Penjaminan Mutu (Quality Assurance) kemudian Validasi dan Verifikasi Metode hingga cara pembuatan Control Chart, peserta pelatihan ditunttut agar dapat memahami setiap tahapan-tahapannya. Hal ini didukung dengan praktik langsung menggunakan laptop yang dibawa masing-masing peserta.

Bagi Laboratorium yang sudang mengantongi akreditasi KAN, tentunya hal ini sudah tidak asing lagi. Bahkan ada hal-hal baru yang belum didapatkan sebelumnya. Namun bagi laboratorium yang belum terakreditasi, mereka harus bekerja lebih keras untuk dapat memahami hal tersebut karena harus memulainya dari nol. Akhir kata, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi titik awal maupun menambah wawasan bagi semua personil Laboratorium yang hadir. [MR]