KERJASAMA DENGAN PT. KROMTEKINDO UTAMA DAN PT.GENECRAFT LABS, UPT LTSIT UNILA GELAR WORKSHOP INSTRUMENTASI LC-MS ACQUITY & DESKTOP SEM PHENOM PRO X

 Dalam rangka meningkatkan kompetensi pranata laboratorium, UPT LT SIT menggelar Workshop Instrumentasi LC-MS Acuity dan Desktop SEM Phenom Pro X dengan kerjasama dengan PT. Kromtekindo Utama dan PT. Genecraft Labs. Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu pada tangga 29 dan 30 November 2018 yang bertempat di Gedung Rektorat UNILA dan Laboratorium Terpadu Sentra Inovasi dan Teknologi UNILA. Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Paul Benyamin Timotiwu selaku Kepala UPT LTSIT UNILA.

Acara hari pertama dimulai dengan pembukaan dan doa setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang prinsip dasar LC-MS Acquity serta aplikasinya di bidang pangan, toksikologi, dan farmasi oleh Siti Deniati, M.Biomed. LC-MS merupakan teknik kimia analisis yang mengombinasikan kemampuan pemisahan fisik dari kromatogarafi cair dengan spesifisitas deteksi spektrometri massa. Liquid Chromatography (LC) akan memisahkan komponen-komponen dalam sampel yang berinteraksi dengan fase diam dan fase gerak dengan bantuan tekanan tinggi, sedangkan Mass Spectrometry (MS) akan mengidentifikasi bahan berdasarkan rasio massa dengan muatan.

Penggunaan LC-MS dapat diaplikasikan dalam bidang pangan seperti pengujian bahan kimia seperti senyawa multi-mikotoksin dalam kacang mete, pistachio, dan almond, chloramphenicol pada susu, dan sudan dye dalam bubuk kari dan saus sambal. Selain itu aplikasi LC-MS pada bidang toksikologi dan farma meliputi identifikasi senyawa narkotika pada urin, skrining senyawa obat-obatan ilegal yang ditambahkan pada suplemen makanan, dan alat ini digunakan pula dalam bidang kimia forensik dan drug control laboratories.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang SEM Desktop Phenom Pro X oleh Stefanus David Tanny. Pada dasarnya SEM atau Scanning Electron Microscope memiliki prinsip kerja yang mirip dengan mikroskop cahaya biasa, hanya saja SEM menggunakan elektron sebagai sumber cahayanya karena elektron akan berlaku seperti cahaya dalam kondisi vakum. Elektron memilliki wavelength lebih rendah dibanding cahaya tampak (visible light) sehingga gambar sampel yang dipresentasikan lewat SEM resolusinya lebih tinggi dari mikroskop cahaya yaitu sampai pada range nanometer (10-9). Desktop SEM Phenom Pro X tidak hanya dapat digunakan untuk mengetahui visualisasi permukaan sampel, tetapi juga dapat digunakan untuk mengetahui struktur dan komponen kimia apa saja yang terdapat dalam suatu sampel dengan fitur EDS.

Berbicara tentang sampel, terdapat dua jenis sampel yang dapat dianalisis oleh Desktop SEM Phenom Pro X, yaitu sampel konduktif dan sampel non konduktif. Sampel konduktif akan menyerap semua elektron yang disalurkan sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat jelas, sedangkan sample non konduktif tidak menyerap semua elektron yang disalurkan sehingga fenomena charging akan terjadi. Charging akan menyebabkan terbentuknya awan elektron di atas sampel sehingga gambar yang dihasilkan tidak jelas. Untuk mengatasi masalah tersebut, pengaturan voltase dan vakum dapat diset pada nilai yang rendah. Selain pengaturan voltase dan vakum, untuk mengatasi fenomena charging sampel dapat dilapisi dengan Au, selain itu dapat digunakan environmental SEM untuk sampel segar yaitu dengan cara freezing.

Setelah pemaparan materi tentang LC-MS Acquity dan Desktop SEM Phenom Pro X selesai, acara hari pertamapun ditutup dengan doa. Workshop Instrumentasi kemudian dilanjutkan pada hari kedua dengan agenda praktek langsung dengan alat LC-MS Acquity dan Desktop SEM Phenom Pro X di LTSIT UNILA. Peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok LC-MS dan kelompok SEM. Kelompok LC-MS dibimbing langsung oleh teknisi LC-MS Acquity dari PT. Kromtekindo Utama yaitu Widi Tri Raharjo dan teknisi dari UPT LTSIT yaitu Miftahur Rahman, sedangkan kelompok SEM dibimbing oleh Stefanus David Tanny dari PT. Genecraft Labs dan Widyastuti, M.Si dari UPT LTSIT.

Semoga dengan pelatihan ini, pranata laboratorium semakin berkompetensi dan berwawasan !