UPT LTSIT dan BPU Unila Kerjasama Produksi Bahan Untuk Pencegahan Covid-19

UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi Universitas Lampung (UPT LTSIT) menjalin kerjasama dengan Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Lampung untuk memproduksi bahan-bahan untuk pencegahan virus corona (Covid-19).

Pertemuan antara UPT LTSIT dan BPU dilaksanakan di Ruang Sidang UPT LTSIT pada Selasa, 31 Maret 2020, pukul 15.00 WIB s.d. selesai.

Kepala UPT LTSIT, Dr. Paul Benyamin Timotiwu, M.S., menyampaikan rencana UPT LTSIT untuk memproduksi bahan-bahan untuk pencegahan covid-19 yaitu berupa handsanitizer dan disinfektan. Dalam hal ini, kerjasama dengan BPU diharapkan dapat membantu untuk memasarkan produk yang dihasilkan.

Handsanitizer saat ini merupakan barang yang langka dan susah didapat. walaupun ada, mungkin harganya tidak masuk akal.

Disinfektan juga sudah mulai banyak diminati, karena pembuatannya yang cukup mudah dan bahan bakunya tersedia di pasaran. Namun, karena stok di market terbatas, akhirnya banyak masyarakat yang merasa kesulitan dan tidak sedikit yang rela mengeluarkan uang lebih agar mendapatkan cairan pembasmi kuman tersebut.

Oleh sebab itu, UPT LTSIT berusaha menyediakan produk tersebut agar dapat membantu dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona dengan harga yang terjangkau.

Dari hasil kesepakatan, BPU Unila melalui Mustafa Endi Saputra, S.H, M.M. bersedia membantu UPT LTSIT untuk menyediakan bahan baku pembuatan handsanitizer baik itu berupa spray maupun gel dan disinfektan, serta memfasilitasi dalam hal pemasaran produk tersebut.