Latar Belakang

Unit Pelayanan Teknis Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi (UPT LTSIT) merupakan lembaga termuda di Unila berdasarkan peraturan MENDIKBUD No.72 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Lampung, tanggal 23 Juli 2014, dan Keputusan Rektor Unila Nomor, 156/UN26/OT/2014 tentang Pembentukan UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi yang membawahi satu Kasubbag TU, Manajer Mutu dan manajer Teknis Laboratorium Terpadu, manajer Sentra Inovasi Teknologi dan staf Administrasi Unit Pelayanan Teknis Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi salah satu tugasnya menyusun perencanaan, kegiatan Layanan Inovasi Teknologi dan Pelayanan Jasa Laboratorium.

Dalam upaya melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, Universitas Lampung telah menetapkan visi “Menjadi Perguruan Tinggi 10 Terbaik di Indonesia”. Target utama penetapan visi Unila tersebut terukur melalui tiga kegiatan perguruan tinggi: 1)Pemerataan dan Perluasan Akses, 2) Penngkatan mutu, relevansi dan daya saing, 3)Penguatan Tata Kelola, akuntabilitas dan Pencitraan Publik.

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut Unila telah menyusun RPJP dalam empat tahapan Pertama, periode 2005-2009 penguatan kelembagaan dan moderenisasi; Kedua, periode 2010-2014 pengutan pelayanan; ketiga 2015-2019 membangun daya saing nasional dan regional, keempat 2020-2024 membangun daya saing regional dan internasional.

Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Unila untuk mempersiapkan pencapaian tahapan ketiga adalah menerapkan kebijakan Organisasi Tata Kelola yang baru. Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi sebagai salah satu Unit Pelayanan Teknis yang ada di Unila sebagai bagian dari Organisasi Tata Kelola diharapkan mampu berkontribusi dan berpartisipasi dalam pencapaian visi Unila melalui empat tahapan tersebut. Oleh karenanya, program dan kegiatan di lingkup Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi juga diarahkan pada sasaran tersebut. Sebagai bagian dari implementasi program dan kegiatandengan harapan semua kegiatan UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi (untuk selanjutnya disebut UPT LTSIT) menjadi terarah dan terukur, sehingga diakhir periode semua program dan kegiatan yang tekah dilakukan dapat dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan.

UPT Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi Universitas Lampung sejak tahun 2014 sampai sekarang dipimpin oleh sebagai berikut:

Andi Setiawan, Ph.D. (2014—2016)

Dr. Paul Benyamin Timutwu (2016—Sekarang)